24 February 2014

Porsi Pemberian Pakan Arwana

Pakan Arwana
Walaupun gerakan ikan arwana terlihat kalem, namun ikan ini ternyata seekor pemburu hebat yang pintar memburu mangsanya di alam bebas. Arwana termasuk ikan predator, ia memangsa ikan dan udang yang berukuran kecil dari tubuhnya.

Tak hanya memangsa ikan, arwana juga menyukai serangga dan hewan reptil kecil lainnya. Dengan membuka mulutnya yang lebar, Arwana melahap mangsanya secara reflek. Haap! Seekor katak yang sedang berenang seketika masuk dalam mulut ikan arwana. Jika arwana yang hidup di alam bebas memangsa hewan-hewan kecil yang lainnya. Bagaimana caranya pemberian pakan arwana ketika dipelihara dalam aquarium?

Di alam bebas, arwana memburu mangsa seperti ikan, serangga, dan reptil kecil lainnya. Ketika berada dalam aquarium, pakan tersebut diberikan oleh kita. Untuk bakalan arwana yang usianya masih muda, diberikan pakan berupa ulat hongkong dan jangkrik muda dalam sehari 3 kali (pagi, siang, dan malam). Biasanya arwana kecil cenderung rakus sehingga pengaturan pola pemberian pakan untuk arwana ukuran tersebut diusahakan jangan berlebihan.

Untuk arwana dewasa, porsi pakan yang diberikan adalah berupa ikan kecil, ulat, jangkrik, udang air tawar, cicak, katak kecil. Dalam porsi pemberian pakan arwana dewasa pun diusahakan jangan terlalu berlebihan karena akan berpengaruh terhadap ikan tersebut. Seperti memberikan pakan berupa cicak yang berlebihan dikhawatirkan berdampak pada sisik arwana menjadi pucat.

Pakan lainnya yang dapat dikonsumsi ikan arwana adalah kelabang, jenis serangga penyengat ini dipercaya dapat meningkatkan kecerahan warna sisik arwana. Pakan tersebut biasa dijual oleh para pedagang khusus pakan ikan dan burung. Serangga ini sudah aman dikonsumsi arwana karena pencapit yang dapat menyengat telah dibuang oleh pedagang pakan ikan tersebut.

0 comments:

Post a Comment