21 February 2014

Istilah Dress Code Dalam Fashion

Istilah Dress Code mungkin masih terdengar asing disebagian kalangan masyarakat kita. Apa sih Dress Code itu? Setiap pakaian memiliki fungsi dan tujuan berbeda, itu semua dipengaruhi berdasarkan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pemakainya. Terlepas dari warna dan jenis bahan yang digunakan, ternyata penggunaan pakaian memiliki konsep dan aturan tersendiri saat dikenakan dalam suatu acara. Disebagian kalangan masyarakat kelas atas istilah dress code mungkin sudah menjadi hal biasa sebagai suatu aturan saat menghadiri acara tertentu, namun umumnya kita hanya mengenal acara formal dan non formal.

Apa yang harus dilakukan ketika menerima undangan yang diwajibkan mengenakan dress code, mungkin bisa jadi akan membingungkan. Sebaliknya aturan yang tercantum dalam surat undangan justru semakin membantu kita dalam menentukan keputusan penggunaan pakaian seperti apa yang akan dikenakan nanti. Hal ini sangat membantu mental anda pada saatnya bertemu dengan tamu undangan lain. Dan jika kita tidak ingin terlihat asing di pesta nanti, maka sebaiknya ikuti anjuran yang dicantumkan pada undangan. Misalnya dress code White Tie yang berarti busana pesta ini lebih ditekankan pada kaum hawa. Bisa dipastikan tamu perempuan setidaknya berbusana glamour dan anggun. Maka terbayanglah jika mengenakan gaun malam yang panjang (long dress). Seandainya dalam undangan tercantum black tie, sudah tentu busana pria lebih diperhatikan seperti mengenakan tuxedo atau setelan jas. Selanjutnya pasangan perempuan tinggal mengikuti karakter pakaian prianya yang tentu saja keselarasan masih tetap menjadi perhatian utama. Nah, dengan demikian mengikuti pesta pun akan semakin terasa berkesan.

Dengan demikian pakaian yang mereka pilih pun tak jauh dari pertimbangan kedua hal tersebut tadi. Namun beberapa kalangan mungkin sudah banyak yang membuat konsep acara dengan mewajibkan tamu undangannya untuk menggunakan pakaian dengan tema yang telah disesuaikan panitia acara. Memang bukan tanpa alasan, kesuksesan dari acara tersebut seyogyanya dapat menjadi kesan bagi semua pihak yang terlibat didalamnya.

Jika kita perhatikan dalam aktifitas sehari-hari, dress code bukanlah hal yang baru bagi kita. Seperti aturan penggunaan pakaian seragam dalam suatu komunitas, intansi atau institusi dengan maksud untuk membedakan dengan yang lainnya; inilah yang disebut istilah dress code dalam dunia fashion. Terlepas dari pandangan tentang awal mula istilah dress code dan dari budaya negara mana sebenarnya, tanpa disadari penggunaan dress code telah kita pakai dalam aktifitas kerja keseharian.

0 comments:

Post a Comment