18 November 2013

Karakteristik Tanaman Bunga Sepatu

 Bunga Sepatu

Bunga sepatu atau nama ilmiahnya Hibiscus merupakan tanaman bunga khas sebagai bunga tropis. Karakteristik tanaman ini mudah tumbuh pada kondisi iklim apapun dengan daerah penyebaran yang luas dari daerah yang hangat, panas sampai mediterania. Bunga Sepatu sebagai tanaman semak tropis dengan tinggi mencapai tiga meter, memiliki percabangan rapat, daun mengkilap, muncul sepanjang masa berbentuk oval dengan ujung runcing. Pada bagian tepi daun dijumpai sedikit lekukan. Bila daun tersebut diremas akan mengeluarkan lendir.

Bunga Hibiscus Schizopetalus sedikit berbeda dengan h. Rosa Sinensis, atau kembang sepatu pada umumnya. Bunga berukuran lebih kecil dengan mahkota bunga yang berlekuk dalam sehingga tampak keriting, berwarna merah terang. Tangkai sari sangat panjang sehingga muncul menggantung di tengah mahkota bunga yang berlekuk dalam sehingga tampak keriting, berwarna merah terang. Tangkai sari sangat panjang sehingga muncul menggantung di tengah mahkota bunga yang terbuka penuh hingga sedikit melengkung ke arah luar. Bunga sepatu gantung lebih mudah layu dan gugur dari pada jenis lainnya.

Bunga sepatu tumbuh di tempat terbuka dengan sinar mantahari langsung sepanjang waktu sangat disukai. Selain itu dia juga menyukai iklim di daerah tropis yang relatif stabil. Apalagi bila ditunjang dengan persyaratan tanah yang ideal baginya. Jika masa berbunga sudah mulai berkembang perlu dilakukan pemangkasan pada ranting-ranting yang tidak produktif lagi. Pemangkasan bentuk perlu diterapkan pada pertanaman yang berfungsi sebagai pagar. Tinggi tanaman dipertahankan pada ketiggian 1-2 meter.

Stek batang yang telah mulai membentuk kayu dan cangkok pada ranting yang telah berbunga merupakan dua cara termudah untuk perbanyakan tanaman bunga sepatu. Permbentukan buah jarang terjadi secara alamiah, karena putik dan benangsari matang tidak bersamaan, selain itu letaknya sangat berjauhan, sehingga penyerbukan jarang terjadi.

1 comment:

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete