18 February 2014

Burung Hantu Sang Penguasa Kegelapan

Burung Hantu

Dalam kegelapan malam, seekor burung hantu menunggu mangsanya dari atas dahan pohon yang sangat rimbun. Sorot matanya yang tajam, burung ini aktif mengawasi keadaan disekitarnya sambil mengeluarkan suara khasnya yang membuat bulu kuduk the merinding. Namun tidak seseram namanya, hewan ini bukanlah makhluk halus. Burung hantu termasuk dalam jenis burung pemakan daging (carnivora), ia memangsa tikus, serangga, katak, dan lain-lain yang berkeliaran pada malam hari. Dalam dunia burung, hewan ini tergolong dalam anggota ordo Strigiformes yang merupakan jenis burung malam.

Ada dua ratus dua puluh dua spesies burung hantu yang telah diketahui dan menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland dan beberapa pulau-pulau terpencil. Dengan kemampuan serta kelihaiannya saat berburu dalam kegelapan total, burung ini terbang dan memburu mangsanya tanpa menimbulkan suara berisik. Ia dapat memperkirakan posisi mangsa dalam kondisi gelap dan mengandalkan indera pendengaran yang dibantu oleh bulu-bulu wajahnya untuk mengarahkan suaranya.

Selain pandai berburu mangsa dalam kegelapan, burung ini sering dikaitkan dengan berbagai mitos. Di beberapa tempat di Indonesia kehadiran burung hantu dianggap sebagai pratanda maut. Dalam mitologi bangsa Romawi, burung hantu diidentikan dengan kematian. Burung ini merupakan jelmaan dari penyihir yang mencari darah untuk dihisap sebagai bentuk ritualnya. Bahkan ada pula yang berpendapat bahwa burung hantu adalah sang penguasa kegelapan. Lain halnya di dunia barat, burung hantu merupakan simbol kebijaksanaan dan keberuntungan, seperti halnya dengan bangsa Yunani yang menganggap burung hantu sebagai pelindung pasukan perang.

Dan masih banyak lagi mitos mengenai burung hantu yang ada di belahan dunia ini. Namun kebenaran mitos tersebut masih menjadi teka-teki. Secara alami keberadaan burung hantu dapat membantu tugas manusia dalam membasmi hama tikus yang mengganggu perkebunan atau area pesawahan, maka itulah kehebatan sebenarnya dari burung hantu.

0 comments:

Post a Comment