23 March 2014

Ketika Daun Semanggi Bereaksi

Semanggi  Tumbuhan Semanggi

Sebagai jenis kelompok paku air (Salviniales) tumbuhan semanggi mudah ditemukan di sekitar kebun yang rimbun atau area pematang pesawahan. Semanggi tumbuh berkelompok, karena bentuk entalnya menyerupai payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan, maka nama Semanggi dipakai untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil berususunan serupa seperti Clover.

Jika diamati, tanaman yang berdaun menyerupai payung ini ternyata memiliki perilaku yang sangat unik. Semanggi tumbuh berkelompok bagai permadani hijau segar menutupi tanah kebun tersebut ternyata memiliki daun yang peka. Ketika daun semanggi segar tersebut disentuh dengan tangan, maka perlahan-lahan akan menguncup dan layu. Kepekaannya mirip reaksi pada tumbuhan mimosa atau putri malu saat diraba daunnya.

Dengan cara yang belum jelas, kita ketahui bahwa sel-sel pada pangkal daun-daun kecilnya berkurang tekanannya sehingga daun yang tersentuh itu bergerak menutup, seolah-olah tumbuhan ini berengsel. Reaksi layu pada daun semanggi tersebut juga terlihat pada saat terik sinar matahari, tumbuhan ini nampak terlihat seperti layu.

0 comments:

Post a Comment