23 February 2014

Arwana Super Red Indonesia

Arwana (scleropages formosus) tergolong satwa langka yang dilindungi. Di kalangan masyarakat menengah atas, terutama di negara kawasan Asia, arwana merupakan ikan hias nomor satu yang paling digemari. Keindahan fisiknya diyakini dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Di Cina, arwana dijadikan sebagai lambang kemakmuran.

Jenis ikan arwana Indonesia berdasarkan daerah asal dan habitatnya diantaranya Arwana Super Red (Super Red Arowana), Arwana Golden Red (Golden Red Arowana), Arwana Hijau atau Pino (Green Arowana).

Arwana Super Red (Super Red Arowana) terdapat di perairan Kalimantan Barat seperti Sungai Puyam, Sungai Seriang, dan Sungai Tawang. Super red juga hidup di danau-danau di sekitar Kalbar seperti Danau Aji, Danau Maid, Danau Saih, dan Danau Siluk.

Arwana Golden Red (Golden Red Arowana), tidak jauh berbeda dengan arwana super red; yang membedakannya hanya terlihat dari warna tubuh golden red yang didominasi warna kuning keemasan. Warna kuning keemasan ini tampak menonjol pada sisik dibagian kepala. Pada tepian sisik atau ring golden red berwarna kehitaman dan dibagian sirip belakang berwarna agak kemerahan.

Arwana Hijau atau Pino (Green Arowana), pehobi ikan arwana sering menyebutnya Arwana Pino. Warna dasar pada sisiknya dominan hijau. Meskipun tidak memiliki ring pada tepian sisik, arwana jenis ini tetap mempunyai keindahan tersendiri. Arwana Hijau terdapat di Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Myanmar.

Arwana Irian banyak ditemukan wilayah perairan di Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat. Scleropages Jardini, Jenis arwana ini juga ditemukan di Australia tepatnya di Sungai Queensland dibagian selatan Sungai Jardine dan Sungai Adelaide.

0 comments:

Post a Comment