22 February 2014

Mengenal Dunia Kerang dan Bintang Laut

Dunia Kerang-keranganKerang Laut
Kerang LautKerang Laut

Sebagai hewan yang termasuk bertubuh lunak, secara umum ciri kerang kerang memiliki sepasang cangkang yang sama simetri dengan suatu ligament atau jaringan ikat. Kebanyakan kerang terdapat dua otot adduktor yang mengatur buka tutup cangkangnya. Kerang tidak memiliki kepala dan hanya simping yang memiliki mata. Organ yang dimiliki adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus. Kerang dapat bergerak dengan "kaki" berupa semacam organ pipih yang dikeluarkan dari cangkang sewaktu-waktu atau dengan membuka-tutup cangkang secara mengejut.

Sistem sirkulasinya terbuka, berarti tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan oksigen berasal dari darah yang sangat cair yang kaya nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organnya. Makanan kerang adalah plankton dengan cara menyaring. Kerang sendiri merupakan mangsa bagi cumi-cumi dan hiu. Semua kerang adalah jantan ketika muda, beberapa diantaranya menjadi betina seiring dengan kedewasaan.

Kerang-kerangan banyak bermanfaat dalam kehidupan manusia sejak jaman purba. Dagingnya dimakan sebagai sumber protein. cangkangnya dimanfaatkan sebagai perhiasan, bahan kerajinan tangan sampai alat pembayaran pada masa tersebut. Di jaman modern ini pemanfaatan kerang-kerangan adalah sebagai biofilter terhadap polutan.

Dunia Bintang Laut
Bintang laut (starfish), hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang bergerak bebas dengan menggunakan kaki-kaki tabungnya, merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah untuk kebanyakan spesies.

0 comments:

Post a Comment