21 February 2014

Menelusuri Jejak Stegodon Trigonochepalus

kerangka Stegodon Trigonochepalus atau gajah purba
Untuk mengobati kebosanan usai beraktifitas, mungkin hari ini ada yang sudah merencanakan untuk berlibur ke tempat menyenangkan bersama keluarga tercinta. Berwisata tak hanya menyenangkan, bahkan bisa menjadi kenangan indah untuk diceritakan kembali. Kita bisa mengunjungi berbagai tempat rekreasi seperti taman bermain, museum, kolam renang, kebun binatang atau bersepeda sambil menikmati keindaan obyek wisata alam.

Penasaran ingin melihat hewan purba lebih dekat? Di Museum Geologi Bandung kamu bisa melihat hewan-hewan jaman purba. Museum ini tak pernah sepi dari serbuan pengunjung dari berbagai kota. Menurut sejarah, di dunia ini museum yang menyimpan cerita dan saksi bisu jaman pra sejarah seperti dinosaurus ini jumlahnya sedikit.

Melihat bentuk bangunan Museum Geologi ini jelas sekali menggambarkan cerita yang sangat panjang. Nuansa art deco begitu kental sebagai bukti Museum tersebut dibangun sejak jaman kolonial dengan arsitek bernama Ir. Menalda van Schouwenburg. Awalnya gedung museum ini dibangun sebagai laboratorium geologi di Rembrandt Straat (sekarang Jalan Diponegoro). Hingga saat ini gedung yang berdekatan dengan Gedung Sate ini masih kokoh dan terpelihara.

Didalam ruangan museum terdapat berbagai batu-batuan, fosil dan kerangka makhluk purba yang dipajang rapih dengan dilengkapi keterangan bukti kesejarahannya. Kita akan takjub melihat kerangka Stegodon Trigonochepalus atau gajah purba. Gajah purba ini muncul pertama kali di lembah Sungai Nil sejak 35 juta tahun yang lalu dan menyebar hingga ke seluruh dunia, kecuali Australia. Seiring perubahan alam, hingga kini Stegodon yang bertahan hanya dua spesies yaitu Loxodonta Africana (gajah Afrika) dan Elephans Maximus (gajah Asia).

Merupakan pengalaman luar biasa saat berada di museum Geologi Bandung. Jika di sekolah pernah mendapat cerita seputar kehidupan purba, maka disini semua terlihat lebih nyata. Jika waktu yang dimiliki belum cukup untuk mendapatkan semua informasi tentang Museum ini, kita bisa langsung mencari tahu dari buku yang tersedia di souvenir shop.

0 comments:

Post a Comment