23 February 2014

Menambahkan Tumbuhan Air dalam Akuarium

Fungsi aquarium adalah sebagai tempat khusus yang digunakan untuk memelihara ikan hias. Aquarium memiliki bentuk yang sangat bervariasi; ada yang berbentuk persegi panjang, heksagonal, oktagonal, bahkan bulat. Dari beragam akuarium tersebut, pada umumnya bentuk paling banyak dipilih adalah persegi panjang. Bentuk aquarium persegi panjang lebih mudah dalam perawatannya juga gampang dibersihkan.

Umumnya ada dua pilihan bagi pehobi ikan hias dalam menggunakan akuarium, antara lain membiarkan akuariumnya hanya berisi ikan hias saja tanpa tambahan aksesori sama sekali atau menambah beberapa aksesori seperti tanaman air ke dalam akuarium. Nah, sebelum menentukan pilihan tersebut ada baiknya kita mempertimbangkannya terlebih dahulu. Menambah aksesori yang berlebihan dalam akuarium bisa mengganggu gerakan bahkan melukai ikan hias karena benda yang ada didalamnya.



Beberapa aksesori yang dapat dimasukan ke dalam aquarium berisi ikan hias antara lain aneka tumbuhan air, pasir, hingga batuan berbentuk bulat atau lonjong yang teksturnya halus. Tanaman air yang dimasukan dalam akuarium adalah jenis tanaman air tawar. Upayakan hindari aksesori berupa tanaman air buatan dari plastik atau bebatuan yang teksturnya kasar dan memiliki ujung tajam/runcing, karena dapat melukai ikan hias peliharaan anda.

Sebelum memasukan tumbuhan air ke dalam aquarium sebaiknya kita pastikan sistem filter sirkulasi air yang dimiliki benar-benar bagus atau memenuhi syarat. Aksesori dalam kolam, terutama untuk tumbuhan air, membutuhkan oksigen yang mencukupi untuk bisa bertahan hidup. Jika pasokan oksigen kurang maka dikhawatirkan tumbuhan tersebut akan mati dan membusuk dalam akuarium tersebut sehingga akan mengganggu ikan hias didalamnya.

Sementara itu, aksesori lain seperti timbunan pasir atau batu-batuan bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran ikan jika tidak sering di bersihkan. Akibat zat amoniak di dalam akuarium akan terus meningkat jumlanya. Hal ini tentu menghambat pertumbuhan ikan. Maka sudah selayaknya bagi aquarium yang dihiasi berbagai aksesori, pergantian air harus lebih sering dilakukan dan filter air yang digunakan sudah berfungsi dengan baik.

0 comments:

Post a Comment