05 February 2014

Kumbang Koksi Pemakan Kutu Daun

Kumbang Koksi
Dunia ini memberikan banyak manfaat bagi setiap makhluknya. Sumber kebutuhan makanan, air, mineral dan kekayaan alam lainnya telah tersedia dan dimanfaatkan oleh setiap makluk hidup. Seperti pada kumbang koksi, hewan kecil di dunia ini membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Kumbang koksi termasuk dalam ordo Coleoptera, bentuknya yang bundar kecil berwarna warni serta mempunyai bintik dipunggungnya. Untuk mencari makanannya, hewan kecil tersebut memangsa kutu daun. Larva kumbang koksi berwarna kelabu-ungu berbintik hitam dan kuning. Hewan ini melahap beberapa kutu daun dan tidak menghiraukan semut disekelilingnya yang juga memangsa zat manis yang dikeluarkan kutu daun tersebut.

Bila mengamati bagaimana proses kumbang koksi menyantap mangsanya, mari kita ambil tangkai dengan kepongpong dan memasukkannya ke dalam botol kaca transparan yang berisi kumbang koksi. Setelah diamati dapat diketahui bahwa kumbang koksi menghisap mangsanya, bahkan jika kita menyimpan sebutir gula pasir yang sudah dibasahi pun ia akan memakannya. Serangga ini dikenal sebagai sahabat petani karena beberapa anggotanya memangsa serangga-serangga hama seperti kutu daun tadi. Walaupun demikian, ada beberapa spesies kumbang koksi yang juga memakan daun sehingga menjadi hama tanaman.

0 comments:

Post a Comment