24 February 2014

Perlengkapan Aquarium untuk Ikan Hias

Discus Fish
Sebelum memulai hobi memelihara ikan hias terlebih dahulu kita harus mengenali karakter jenis ikan yang akan dipelihara dalam aquarium tersebut. Setiap ikan hias tentu memiliki perlakuan yang berbeda-beda ketika dipelihara dalam tempat yang terbatas. Ikan hias awalnya hidup secara alami dalam habitatnya masing-masing seperti di laut dan di sungai, kemudian penangkar ikan hias membudidayakannya kembali di tempat-tempat khusus untuk dikembangbiakan. Berikut perlengkapan aquarium untuk memelihara ikan hias:

Aquarium merupakan tempat yang biasa digunakan untuk memelihara ikan hias. Aquarium memilki bentuk yang sangat variatif, ada yang persegi panjang, heksagonal, oktagonal, bahkan bulat. Dari berbagai jenis bentuk akuarium tersebut yang paling banyak dipakai adalah aquarium persegi panjang, karena bentuk aquarium ini lebih leluasa dan mudah saat dibersihkan.

Ketersediaan Air
Air merupakan sumber kehidupan bagi ikan hias peliharaan. Setiap jenis ikan hias akan berbeda kebutuhan air untuk habitat kehidupannya. Ikan hias yang berada di laut tentu membutuhkan air laut sebagai sumber kehidupannya begitupun ikan hias yang biasa hidup sungai yang memerlukan air tawar sebagai sumber kehidupannya.

Aerator
Air dengan kadar oksigen terlarut yang mencukupi sangat baik untuk ikan hias. Alat ini berfungsi memompa udara sehingga suplai oksigen dalam air aquarium tercukupi. Aerator sebaiknya tidak diletakan di dasar aquarium, karena dasar aquarium merupakan tempat berkumpulnya sisa kotoran. Jika terkena aliran udara dari aerator, maka kotoran ikan yang ada didasar aquarium bisa bertebaran kemana-mana.

Heater dan Thermometer
Penggunaan heater hanya digunakan di daerah yang berudara dingin. Selain untuk menjaga suhu dalam aquarium, heater juga berfungsi untuk menekan perkembangan bakteri. Penggunaan heater dilakukan dengan cara mencelupkannya ke dalam aquarium. ukurannya disesuaikan dengan besaran aquarium, alat ini dilengkapi pemantau suhu otomatis. ketika disetel pada suhu 30°C heater akan mati secara otomatis ketika mencapai suhu tersebut.

Filter atau Penyaring
Filter berguna untuk membersihkan segala macam kotoran dan sisa pakan dari dalam aquarium, sehingga kualitas air tetap terjaga dan segar. Selain itu, aquarium yang dilengkapi filter juga dapat mengurangi risiko munculnya bakteri dari kotoran yang terdapat dalam aquarium tersebut.

Lampu UV
Fungsi lampu UV bukan hanya sebagai penerangan dalam aquarium melainkan sebagai pengganti sinar matahari, sehingga warna ikan hias peliharaan menjadi lebih cerah. Lampu UV berfungsi juga untuk menstabilkan suhu di dalam aquarium sehingga tidak perlu menggunakan heater. Kecuali pemeliharaan di daerah yang terlalu dingin atau dalam ruang ber-AC maka penggunaan heater lebih diutamakan.

0 comments:

Post a Comment