27 March 2014

Kue Semprong Kipas

Kue Semprong Kipas

Entah dari mana makanan tersebut dinamai kue semprong dan kapan kue tersebut diciptakan, yang jelas kue tersebut sudah populer dari dulu namun sayang keberadaan kue semprong makin timbul tenggelam. Kue tersebut populer di wilayah Jawa Barat sebagai makanan cemilan, beberapa pedagang makanan ringan di pasar tradisional masih menjual kue semprong walaupun stoknya terbatas namun peminat semprong masih tetap ada.

Dulu ketika berkunjung ke rumah nenek atau saudara, kue ini menjadi sajian utama, bahkan orang tua kita sengaja menyediakan kue semprong untuk persediaan penjamuan tamu. Kue semprong sangat sederhana, namun bentuk dan ukuran yang sering dijumpai pada waktu itu seperti pipa kecil berdiameter 0.5 cm dengan panjang kira-kira sejengkal tangan. Kue ini renyah dan rasanya manis pas untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Jika dahulu kue semprong identik dengan rasa wijen atau kayu manis dan rempah-rempah lainnya, kini penganan yang gurih dan renyah tersebut sudah mengalami berbagai perubahan rasa. Kue semprong kini muncul dengan berbagai varian rasa, seperti rasa pisang, keju, kacang cokelat dan durian. Variasi rasa ini merupakan upaya kreatif guna menarik minat pembeli sehingga pilihan rasa menjadi daya tarik luar biasa.

Selain variasi rasa, bentuk dan tampilan kue semprong pun tak luput dari modifikasi. Bentuk kue semprong dimodif menyerupai kipas.

0 comments:

Post a Comment