06 March 2014

Jenis Sayuran Kelompok Bawang

Bawang daun merupakan jenis sayuran yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, seperti nasi goreng, soto, martabak telor, dll. Bawang daun juga bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit ringan.

Tumbuhan ini sudah tak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Mudah didapatkan dan familier dengan dunia dapur dan kuliner. Bawang daun atau daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan untuk penambah citarasa masakan. Tanaman semusim yang sering kita dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum).

Ciri-ciri tanaman ini adalah daunnya bulat panjang dengan rongga dibagian dalamnya, kadang bawang daun berumbi kecil. Batangnya semu, beralur tidak bercabang. Berdaun tunggal, tepi rata, ujung runcing, panjang sekitar 30 cm, lebar daun 1 cm, serta kulit daunnya tipis berwarna hijau tua. Bentuk bunganya majemuk, berkelamin dua, tangkai silindris, panjang sekitar 2 cm, kelopak bentuk corong. Akarnya serabut, membentuk umbi kecil.

Kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini adalah daun dan umbi bawang daun mengandung saponin, tanin serta daunnya juga mengandung minyak atsiri. Berkhasiat diuretic, diaforetik dan antiradang. Selain itu manfaat bawang daun antara lain, untuk mengobati perut kembung, sesak nafas karena flu, bengkak dan bisul, terkena gigitan serangga, terserang batuk, dan nyeri sendi.

0 comments:

Post a Comment