10 March 2014

Atraksi Seni Lais dari Garut

Garut tak hanya identik dengan dodol dan wisata alamnya. Dalam hal seni budaya, Kabupaten Garut memiliki kesenian tradisional yang masih dilestarikan sampai saat ini. Seperti kesenian Lais yang dikenal dari jaman penjajahan Belanda.

Atraksi seni Lais merupakan bentuk kesenian tradisional yang memerlukan keahlian khusus dan keberanian. Pemain Lais biasanya menggunakan keseimbangan tubuhnya ketika berakrobat diatas seutas tali atau tambang yang telah diikatkan pada dua bambu yang panjang. Pemain utamanya bergelantungan, jungkir balik tanpa menggunakan alat pengaman sambil diiringi musik kendang pencak dan terompet, sementara pemain lainya melantunkan cerita-cerita jenaka sebagai pelengkap hiburan pada pertunjukan tersebut.

Dan masih banyak lagi kesenian tradisional dari Kabupaten Garut yang sering dipentaskan dalam acara tertentu. Kesenian Boboyongan, Surak Ibra, Pencak Ular, Debus Garut, Kesenian Gesrek, dan Adu Domba adalah beberapa diantaranya kekayaan seni budaya setempat yang masih tetap lestari sebagai aset pariwisata dan menambah keaneragaman seni budaya di Jawa Barat.

0 comments:

Post a Comment