08 March 2014

Kawasan Situ Cangkuang Garut

Situ Cangkuang terletak dikawasan cangkuang dengan luas wilayah sekitar 340.775 ha. Tepatnya di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut ini menjadi objek wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri. Di sebagian perairan Situ Cangkuang tersebut banyak ditumbuhi bunga teratai yang sangat indah. Dengan menyewa rakit atau perahu kita dapat mengelilingi perairan situ cangkuang tersebut. Biasanya para wisatawan dari luar daerah datang ke tempat ini menjelang libur atau weekend untuk berekreasi bersama keluarga.

Situ Cangkuang Garut

Di lokasi tersebut terdapat sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah situ. Di pulau itu terdapat sebuah candi yang dibangun pada jaman kerajaan sunda pertama yaitu Kerajaan Galuh. Di dekat situ Cangkuang, tepatnya di kampung Pulo terdapat sebuah makam peninggalan penganut Agama Islam, yaitu Arif Muhammad. Ia salah seorang tentara kerajaan Mataram dari Jawa Tengah yang pergi menyerang Belanda di Batavia pada abad ke 17. Karena penyerangan gagal, ia tidak kembali dan menetap di daerah Cangkuang untuk mengajar dan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat setempat dimana keturunannya menetap sampai saat ini.

Situ Cangkuang menjadi bagian dari sejarah Islam masa lalu. Asal usul nama Cangkuang sendiri diambil dari nama sebuah pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat disekitar kawasan tersebut.

0 comments:

Post a Comment