30 March 2014

Pengalaman Berlibur dan Berwisata

Kerangka Gajah Purba

Bagi anak-anak, liburan akhir pekan adalah suasana yang sangat menyenangkan setelah setiap hari berkutat dengan buku dan pensil ketika beraktifitas belajar di sekolah. Dalam suasana libur, mungkin saja diantara mereka ada yang mengajak ayah dan ibu untuk berekreasi ke tempat wisata.

Masa liburan memang saatnya anak-anak merasakan ketenangannya usai aktifitas belajar di sekolah. Sementara itu mengajak berwisata untuk kepentingan anak-anak pun setidaknya dirasakan perlu untuk melepas ketegangan pikiran.

Jika berwisata itu dilaksanakan oleh sekolah, tentu saja setiap siswa akan dibimbing oleh gurunya. Banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi anak sekolah, seperti museum, outbound anak, dan lain sebagainya. Sebab, diantara obyek wisata yang menjadi tujuan, ada yang berkaitan dengan ilmu. Misalnya dengan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sang guru pembimbing tentu akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan lingkungan hidup dan IPA. Anak-anak tinggal mencatatnya.

Usai berwisata, anak-anak bisa menceritakan kembali dalam bentuk tulisan dan menjadi pekerjaan rumah untuk kemudian dibuka sebagai mata pelajaran bahasa Indonesia. Setiap siswa, setelah menuliskan pengalaman berwisata kemudian menceritakan kembali di depan kelas dan Guru Bahasa Indonesia menilai karya tulis para siswa.

Ada dua keuntungan berlibur sambil berwisata. Pertama, membuat siswa gembira karena telah sukses berjuang menuntut ilmu. Kedua, pengalaman selama berwisata memperoleh pengetahuan praktek dan menuliskan temuannya dalam karya tulis sehingga membantu nilai para siswa. Selamat berlibur dan berwisata.

0 comments:

Post a Comment