01 March 2014

Awal Istilah Hidroponik

Sebelum mengetahui apa itu hidroponik, sekarang mari kita simak penjelasan secara singkat mengenai istilah hidroponik ini. Istilah Hydroponics dilontarkan oleh W.A. Setchell dari University of California, sehubungan dengan keberhasilan W.F. Gericke dari universitas yang sama, dalam pengembangan teknik bercocok tanam dengan air sebagai medium tanam.

Semula Gericke memakai istilah aquaculture ketika ia melaporkan hasil percobaannya. Tetapi istilah ini sudah lebih dulu dipakai bagi kegiatan lain yaitu menumbuhkan tanaman dan binatang air, maka ia mengusulkan perlunya istilah nama baru bagi cara bercocok tanam model baru tersebut.

Dan W.A. Setchell mengusulkan hydroponics yang berasal dari kata Yunani hydro berarti air dan ponos berarti kerja, karena yang dimaksud memang pengerjaan air atau hydroculture, sebagai lawan dari geoponics istilah Yunani bagi agriculture yang lebih dulu kita kenal sebagai pengerjaan tanah atau bercocok tanam.

Kegiatan bercocok tanam secara Hidroponik biasa dilakukan dengan dua cara, antara lain Hidroponik untuk rumah tangga dan Hidroponik untuk keperluan industri. Jadi Istilah Hidroponik yang mampu menunjukkan perbedaan yang mendasar inilah yang kemudian dipakai oleh W.F. Gericke sebagai judul laporan ilmiahnya.
Tanaman Hidroponik

0 comments:

Post a Comment