27 April 2014

Pakaian Renang Penangkal Hiu

Pakaian Renang Penangkal Hiu

Hiu (shark) termasuk jenis ikan berdarah dingin. Ikan Hiu dikenal sejak 420 juta tahun yang lalu, sebelum masa dinosaurus. Sejak saat itu, hiu memiliki diversifikasi ke 440 spesies, mulai ukuran dari lanternshark kurcaci kecil, Etmopterus perryi, satu spesies laut dalam hanya 17 cm (6,7 inci) panjang, dengan hiu paus, Rhincodon typus, ikan terbesar, yang mencapai sekitar 12 meter.

Berbagai penelitian tentang akibat serangan hiu dikembangkan ilmuwan untuk menghindari keganasan sang predator tersebut saat berenang ataupun melakukan penyelaman. Seperti yang dilakukan oleh tim peneliti biologi syaraf dari University of Western Australia mengungkapkan bahwa berpakaian renang dengan motif belang hitam putih bisa menghindarkan kita dari serangan ikan hiu.

Menurut peneliti, warna pakaian renang motif belang hitam putih menyerupai warna tubuh dari ular laut yang mematikan. Alasannya karena sebagian besar ikan yang sudah hidup di laut selama paling tidak 400 juta tahun tersebut berusaha menghidari ular beracun itu.

Pakaian renang bermotif hitam putih ini pertama kali ditemukan oleh ahli biologi laut Walter Starck. Kini, pemahaman lebih terperinci tentang indra penglihatan hiu membantu tim ilmuwan UWA untuk memperbaharui ide tersebut. Tim yang dipimpin oleh Shaun Collin kini sedang mengembangkan dan menguji sejumlah alat penangkal yang tidak mematikan, yang bertujuan untuk merekayasa indra hiu yang sangat peka agar mencegah mereka mendekati dan menyerang manusia.

0 comments:

Post a Comment