20 April 2014

Teknologi Penjernih Air

Teknologi Penjernih Air

Ilmuwan menemukan cara baru untuk proses penjernihan air agar siap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini melibatkan material berteknologi tinggi serta cahaya matahari untuk proses penjernihan air (water purifer). Seperti dikutip dari sciencedaily, cahaya matahari ditambah pigmen titanium menjadi resep rahasia untuk membersihkan obat-obatan, pestisida, dan polutan berbahaya lainnya dari air minum.

Para ilmuwan membuat beberapa komponen berteknologi tinggi untuk penjernihan air, terutama untuk maysarakat pedesaan atau negara-negara berkembang. Ide ini masuk daftar dari 10.000 presentasi yang digelar pada event National Meeting & Exposition, American Chemical Society di Dallas. Ilmuwan Ane Morrissey menjelaskan, teknologi baru ini suatu saat bisa dimanfaatkan dalam produk konsumen yang mudah digunakan. Dengan metode ini, air diklaim lebih jernih karena proses penghapusan polutan yang membandel untuk air minum.

Ia bersama timnya di Dublin City University, Irlandia memulai dengan senyawa yang disebut titanium dioksida (TiO-2). Senyawa ini umumnya digunakan untuk memutihkan cat, kertas, pasta gigi, makanan, dan produk lainnya. Dengan energi yang tepat, TiO-2 juga dapat bertindak sebagai katalis atau melekul yang mendorong reaksi kimia. Katalis ini bisa mengalahkan senyawa yang tidak diinginkan dalam air minum. Senyawa TiO-2 umumnya hanya dapat diaktifkan oleh sinar ultraviolet.

0 comments:

Post a Comment