27 April 2014

Sifat Manusia Berdasarkan Warna

Angry Bird Merah Marah

Ketika marah, orang akan lebih mudah melihat warna merah. Demikian hasil penelitian sejumlah ilmuwan dari North Dakota State University, Amerika Serikat yang diberbitkan dalam Journal of Personality. Studi itu menemukan bahwa orang dengan sifat pemarah akan lebih mudah melihat warna merah ketimbang warna biru. Kecenderungan itu terjadi bahkan ketika mereka melihat objek yang tidak benar-benar berwarna merah atau biru.

Para peneliti mengatakan bahwa hubungan antara marah dan warna merah mungkin berakar dari jejak evolusi manusia, dari era ketika manusia masih berburu dan mengumpulkan makanan. Ketika, itu warna merah diasosiasikan dengan bahaya dan ancaman. Peneliti melibatkan sejumlah ekperimen.

Pertama Para peneliti meminta sekelompok sukarelawan untuk memilih warna apa yang mereka sukai diantara warna merah dan biru. Para sukarelawan kemudian diminta mengerjakan tes yang tujuannya melihat kepribadian mereka. Hasilnya, orang yang lebih suka warna merah cenderung punya sifat kasar dan pemarah dalam hubungan antarpribadi. Penelitian lainnya membuktikan bahwa orang yang suka warna merah cenderung tega melukai orang lain ketimbang orang-orang yang menyukai warna biru. Eksperimen tersebut menjelaskan bahwa sifat manusia pemarah cenderung menyukai warna merah.

0 comments:

Post a Comment