09 April 2014

Hari Nyoblos Nasional

Si Kora - Maskot Pemilu 2014
Selamat pagi. Hari ini Rabu tanggal 9 April 2014 adalah hari nyoblos nasional. Berdasarkan penanggalan kalender, pada tanggal 9 April 2014 seluruh warga negara Indonesia menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon wakil rakyat di DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai kriteria para pemilih.

Menggunakan Hak Pilih bagi setiap warga negara Indonesia katanya sih menentukan nasib bangsa dalam lima tahun ke depan. Namun sayang, aku belum cukup umur untuk memilih para calon wakil rakyat yang terhormat. Jadi, aku sekedar mengetahui saja, bahwa tanggal 9 April 2014 ini tak hanya libur biasa, melainkan hari yang sakral menentukan nasib bangsa, begitu katanya.

Siapa Wakil Rakyat itu?
Wakil rakyat merupakan jabatan yang sangat terhormat di kalangan masyarakat pada umumnya. Wakil rakyat adalah sesorang yang terpilih secara demokratis dalam sebuah pemilu di suatu Negara. Wakil rakyat ini mengemban tugas yang sangat penting dan mulia yaitu menjadi penyalur dari aspirasi rakyat didalam ranah legeslatif maupun eksekutif.

Seorang wakil rakyat dipilih melalui proses dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat menjadi seorang wakil rakyat sudah diatur dalam perundang-undangan. Proses pemilihan wakil rakyat adalah dilaksanakan melalui proses pemilu dimana rakyat sendirilah yang memilih calon wakilnya.

Nah, supaya rakyat tidak kecewa atas hak pilihnya dalam Pemilu 2014 kali ini. Maka para calon wakil rakyat harus benar-benar ikhlas memperjuangkan nasib rakyat yang semakin hari terhimpit oleh ketidakberdayaan ekonomi.

Katanya lagi, kekuatan uang hanya berputar cepat dikalangan masyarakat menengah keatas dan kemudian menetes perlahan di masyarakat tingkat bawah. Kendala tersebut bukan berarti kalangan masyarakat bawah tidak pandai mencari uang tetapi kesempatan dan peluang tersebut sudah semakin sempit. Begitulah kiranya obrolan para bapak dan para ibu yang sering terdengar diwarung penjual sembako.

2 comments: