03 March 2014

Cara Ku Memelihara Kura-kura Brazil

Memelihara hewan reptil merupakan sebuah kepuasan tersendiri. Dikala jenuh usai beraktivitas, hewan reptil ini bisa menjadi sahabat setiap saat. Ia menjadi jinak dan lucu karena dirawat dan diberi makan sesuai aturannya. Seperti pada kura-kura brazil peliharaanku, hewan ini sangat lucu ketika ia merangkak di lantai dan berenang di air. Setiap hari kura-kura tersebut diberikan makanan supaya tidak kelaparan. Seekor kura-kura brazil yang aku pelihara sejak kecil, kini ukuran panjang tubuhnya sudah mencapai 28,5 cm, namun sayang ia sedikit pemalu jika melihat wujud manusia yang baru ia ketahui, he.he.he....

Anak Kura-kura BrazilBayi Kura-Kura Brazil

Karena kura-kura tersebut dipelihara dalam kolam hias dibelakang rumah, beberapa jenis ikan kecil pun ikut menjadi santapannya. Pantes aja tubuh hewan ini cepet membengkak, ya makanannya ikan-ikan itu. Tak hanya ikan dan daging mentah yang ia makan, jenis sayuran, buah tomat, serangga, cacing atau pelet juga sangat disukai. Supaya tidak membosankan, cara pemberian pakan untuk kura-kura pun divariasikan setiap harinya. Setiap pakan kura-kura memiliki khasiat yang berbeda-beda. Aku lebih suka memberikan wortel ketimbang dikasih buah-buahan untuk makanannya, karena sayuran wortel kaya kalsium yang cukup baik untuk perkembangan tempurungnya. Pemberian pakan buah-buahan yang berlebihan juga membuatnya sering buang air besar. Kalau ada rejeki lebih, kadang kura-kura tersebut dikasih makanan berupa daging ayam mentah. Cuma sayang, pakan daging ayam tidak baik untuk kesehatan dompet, jadi porsi pemberian pakan daging ayam dibatasi, lebih baik dikonsumsi sama aku aja. Lumayan digoreng juga bikin perut kenyang.

Untuk kura-kura yang belum dewasa, pakan yang diberikan adalah pelet khusus yang dibeli dari toko ikan hias. Karena porsi makannya belum bertambah seperti kura-kura dewasa, jadi pemberian pelet tersebut sangat dianjurkan. Selain porsi pakan yang menyehatkan, kura-kura brazil pun butuh perawatan untuk menjaga kesehatannya. Secara rutin tubuh kura-kura terutama pada tempurungnya perlu dibersihkan dengan spons atau sikat halus agar terhindar dari lumut dan bakteri yang menempel ditubuhnya. Jika ada waktu senggang, pada pagi hari ketika sinar matahari memancarkan cahayanya, kura-kura tersebut dijemur sebentar agar tulangnya tempurungnya lebih kuat. Memelihara kura-kura brazil tidaklah sulit asalkan telaten dalam pemeliharaanya. Selain lucu, hewan ini pun menjadi pintar dan lincah ketika tampil dalam sebuah film seri di layar kaca. Saat bergabung dengan empat kawannya, ia nampak gagah dengan menenteng pedang dan double stik dalam misi menumpas kejahatan di dunianya.

Kura-kura Brazil Dewasa

0 comments:

Post a Comment