21 January 2014

Batagor Kering dan Batagor Kuah

Batagor
Nama batagor sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Batagor merupakan akronim dari baso tahu goreng. Rasanya pun sudah tidak asing di lidah masyarakat. Dengan ditaburi bumbu sambal kacang pedas halus menjadikan rasa batagor lebih enak. Memang sih batagor sedikit memiliki kemiripan dengan baso tahu atau siomay. Perbedaannya adalah batagor diolah dengan cara digoreng, sedangkan baso tahu atau siomay disajikan dengan cara dikukus terlebih dahulu.

Seiring berkembangnya kreativitas pengrajin kuliner, saat ini batagor telah mengalami banyak modifikasi. Umumnya batagor kering ditaburi bumbu sambal kacang pedas halus, namun sekarang batagor telah mengalami modifikasi tersebut yaitu dengan diberi kuah. Modifikasi ini sudah berlangsung beberapa tahun belakangan. Seperti namanaya, batagor kuah disajikan bukan lagi dengan saus kacang, akan tetapi kuah yang gurih digunakan untuk menambah kenikmatan.

Sekilas penyajian batagor kuah hampir menyerupai mie baso, hanya saja batagor isinya yang gurih. Malahan dibeberapa warung penjual batagor kini membuat penganan tersebut dengan mencampurkan daging ikan, ayam atau pun sapi seperti baso pada adonannya sehingga menimbulkan citarasa baru yang lebih lezat. Hmmmm. yummy!

0 comments:

Post a Comment