24 January 2014

Seni Mengukir Buah dan Sayur

Carving Buah dan Sayur

Memasak tidak hanya berkutat dengan kompor dan panci. Dunia memasak ternyata memiliki unsur seni yang tak kalah hebatnya. Memberikan sentuhan akhir dengan unsur hiasan fruit carving dan vegetable carving diatas meja hidangan menciptakan daya tarik tersendiri saat disajikan.

Seni carving merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seni garnish dalam penyajian sebuah masakan. Selama ini kita sering melihat seni carving dengan bahan es balok, namun ternyata sayur dan buah pun dapat dibentuk menjadi sebuah karya seni yang indah.

Banyak sekali sayur dan buah yang dapat diubah menjadi beragam bentuk. Seperti mengukir pepaya menjadi ikan mas dan buah semangka merah berukuran besar diukir menjadi rangkaian bunga yang sangat menarik.Untuk mengukir bahan tersebut diperlukan peralatan seperti pisau ukir khusus, sehingga dalam proses pembentukannya akan lebih mudah. Namun tentu saja bentuk yang akan dibuat harus disesuaikan dengan struktur dan ukuran bahannya. Seperti semangka atau pepaya yang memiliki karakter lapisan buah tebal bisa dibentuk menjadi beragam rupa, lain halnya dengan cabe atau sayur yang tidak memiliki lapisan kulit buah sehingga hanya dapat dibentuk menjadi bunga.

Siapapun dapat melakukan seni carving ini, tinggal pahami dulu jenis-jenis pisau yang akan digunakan. Selain itu pengetahuan tekstur bahan baku pun sangat penting sebelum kita menuangkan ide desainnya.

0 comments:

Post a Comment