18 January 2014

Warna Batik Supaya Tetap Terjaga

Baju Batik
Sangat disayangkan jika warna pakaian batik kesayangan anda tiba-tiba berubah pudar usai dicuci. Keaslian corak warnanya menjadi kusam akibat pemakaian bahan sabun pencuci yang terlalu kuat sehingga merusak warna pakaian batik tersebut. Berikut 6 (enam) tips cara merawat batik agar warnanya tetap terjaga.

Tips Merawat Warna Batik Agar Tetap Cemerlang:
  • Hindari pemakaian detergen atau shampoo untuk membersihkan pakaian batik anda, kemudian cucilah batik kesayangan dengan sabun lerak yang dapat memelihara warna batik tetap cemerlang.
  • Saat menjemur pakaian batik sebaiknya menggunakan hanger, hindari pengeringan dengan cara diperas karena hal tersebut hanya akan membuat pakainan batik anda menjadi kusut dan sulit dirapikan.
  • Pakainan berbahan batik memang rentan terhadap terik matahari, untuk itu hindarilah dan keringkan batik dengan cara dianginkan. Meskipun hasilnya lama namun akan menyelamatkan batik anda dari kepudaran.
  • Gunakan suhu yang rendah saat anda menggunakan setrika.
  • Hindari menggunakan kertas koran sebagai alas di dalam lemari pakaian, karena dikhawatirkan tinta cetak koran bisa menempel serta mengganggu keindahan dari corak batik anda.
  • Jika jarang dipakai kibaskan secara berkala batik anda agar debu dan ngengat yang terlanjur menyelinap dapat keluar dan kain batik anda akan semakin tahan lama.

Demikian tips singkat bagaimana cara merawat batik agar warnanya tetap terjaga.

0 comments:

Post a Comment