02 December 2013

Nasi Goreng Ayam Crispy

Nasi Timbel Ayam Crispy

Kemaren pas pulang sore-sore mampir dulu di warung nasi timbel dan tukang ayam Crispy. Eh ada teteh-teteh cantik nawarin produk peralatan dapur. Produknya sih sama dengan yang ada di dapur ibu, sepertinya ibu tertarik dengan produk memasak tersebut. Ada gelas set, piring anti pecah dan lain-lain. Singkatnya salah satu produk piring anti pecah tersebut dibelinya.

Setelah sampai dirumah, bungkusan nasi timbel dan ayam Crispy pun dibuka untuk siap disantap bersama. Tak lupa ibu membuka bungkusan piring anti pecah yang tadi dibelinya. Di dalam dus produk tersebut terselip brosur tentang resep cara membuat masakan praktis dan enak untuk keluarga. Terlulis di brosur itu "Rahasia Membuat Nasi Goreng dan Ayam Crispy". Nah loh! Akhirnya kebongkar rahasia resep tukang ayam Crispy tadi. Karena sudah bukan lagi rahasia sekarang aku tulis yah isi resep tersebut.

BAHAN:
Nasi Putih
Bumbu racik Nasi Goreng
3 siung bawang putih, dicincang halus
1 butir telur, dikocong lepas
1 sendok teh kecap ikan
1 sendok teh garam
1 batang daun bawang, diiris halus
Bumbu MSG dan minyak goreng
sayur tambahan atau Bakso sesui selera

BAHAN AYAM:
2 buah paha ayam fillet, dipotong kotak 3 cm
1 sendok teh bawang putih bubuk
1/2 sendok teh garam
100 gram tepung bumbu
Air es untuk pencelup
Minyak goreng

CARA MEMBUAT:
  1. Aduk rata ayam, bawang putih bubuk, dan garam. Diamkan selama 30 menit sampai meresap. Gulungkan ayam ke atas tepung bumbu. Celup ke dalam air es, gulingkan kembali ke atas tepung bumbu supaya merata. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Setelah matang kemudian tiriskan.
  2. Panaskan margarin. Tumis bawang putih hingga harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukan telur. Aduk hingga berbutir. Masukan nasi putih. Aduk hingga Merata. Tambahkan kecap ikan dan garam. Aduk rata. Menjelang diangkat tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  3. Sajikan Nasi goreng bersama ayam goreng.

0 comments:

Post a Comment