22 January 2014

Masuk Angin Minum Bandrek

Bandrek
Angin yang bertiup kencang disertai udara dingin mengakibatkan kondisi badan cepat ngerdop dan masuk angin, apalagi diperparah dengan turunnya hujan. Dalam kondisi seperti itu, tak cukup hanya memakai jaket atau sweater untuk melindungi kehangatan tubuh, dengan minuman bandrek hangat setidaknya dapat membantu kita menjaga stamina tubuh dari cuaca buruk tersebut.

Sejak dahulu bandrek menjadi minuman favorit masyarakat di tatar Sunda. Bandrek juga dikenal sebagai minuman penghangat tubuh bagi mereka yang tinggal di daerah dataran tinggi dengan udara dingin. Bandrek dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati masuk angin, sakit tenggorokan, menjaga peredaran darah dan berbagai penyakit ringan lainnya. Kehangatannya menjadi ciri khas dari minuman ini karena bandrek terbuat dari rempah dan bahan alami lainnya.

Bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat bandrek antara lain jahe, gula merah, cengkeh, dan kayu manis. Walaupun sekarang sudah banyak dijual minuman bandrek dengan berbagai rasa yang dikemas secara instan, tak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara membuat bandrek sendiri. Berikut ini cara meracik minuman bandrek:

Bahan-bahan yang diperlukan:
1 liter air yang sudah matang
100 gram jahe yang dibakar, memarkan
300 gram Gula Merah, iris halus
1/2 sendok cengkeh kering
kayu manis 5 cm
1/2 sendok teh Garam
2 lembar daun pandan
kelapa yang diserut untuk pelengkap

Proses pembuatan:
Rebus dalam air gula merah, jahe, cengkeh, kayu manis, daun pandan, garam dan ke dalam panci hingga mendidih. Aduk merata hingga tercium aroma rempah-rempahnya. Setelah merata, angkat dan saring melalui saringan halus supaya sisa ampas tidak terbawa saat diminum. Tambahkan serutan kelapa sebagai pelengkap. Sajikan bandrek selagi airnya masih panas.

0 comments:

Post a Comment