26 May 2014

Memantau Bermain Anak

education for children
Bagi dunia anak-anak, bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa mereka dapatkan saat bermain bersama temannya. Di usia prasekolah, dunia bermain menjadi hak setiap anak untuk mengenal lingkungan dan bersosialisasi.

Dengan meningkatnya usia anak, mereka kemudian belajar bersosialisasi bersama teman sepermainan yang seumur dengan usianya. Mereka juga mulai belajar berbagi pinjam mainan atau kekompakan dalam sebuah permainan. Ia dapat belajar berkomunikasi serta mengemukakan kreatifitasnya bersama temannya.

Dari sisi tersebut anak-anak mulai mengenal situasi lingkungannya. Melalui bermain mereka dapat belajar peran sesuai imajinasinya, anak-anak bisa berperan menjadi pedagang, dokter, polisi dan lain sebagainya sesuai tema dan imajinasi yang pernah ia lihat.

Selain karena bermain sangat menyenangkan, peranan orang tua juga tentu saja harus selalu memantau dampak positif dan negatifnya dari kegiatan bermain tersebut. Anak-anak bisa diberikan mainan yang aman dan dapat mendidik, sehingga dampak positifnya mereka bisa belajar dan berkarya dikemudian hari.

0 comments:

Post a Comment