11 May 2014

Menanam Pohon Untuk Masa Depan

Hutan

Menanam pohon bukan hal baru bagi kita namun kegiatan menanam pohon perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan alam di masa depan. Indonesia memiliki luas hutan tropis terbesar ketiga di dunia dengan kekayaan alam yang luar biasa besar dan dianggap sebagai paru-paru dunia. Namun demikian masih dihadapkan pada persoalan degradasi hutan dan lahan serta pembalakan liar, penjarahan, kebakaran hutan, dan sebagainya.

Di sekitar tempat kita berada masih banyak hutan yang kritis, bukit-bukit yang gundul, lahan kosong yang tidak terurus dan tidak jelas pemiliknya, lahan tegal dan pekarangan terbuka, jalan gersang, perkantoran, tempat publik dan tempat ibadah yang belum memiliki ruang hijau yang memadai.

Apabila upaya rehabilitasi terhadap lokasi-lokasi tersebut tidak segera dilakukan, maka yang terjadi kita akan menuai bencana dikemudian hari. Kejadian tersebut sebenarnya telah kita rasakan di beberapa wilayah Indonesia yaitu dengan terjadinya bencana banjir dan longsor yang menyebabkan kerugian harta benda, juga korban jiwa, serta dimungkinkan akan mengalami bencana kekeringan di musim kemarau.

0 comments:

Post a Comment