20 May 2014

Berkreasi dengan Kerangka Udang

Gambar Udang

Yuk, Berkreasi dengan kerangka udang. Sambil belajar mewarnai sesuai kesukaan kamu dan gambar udang ini akan lebih menarik setelah diberi warna. Udang adalah hewan yang bernafas dengan insang dan hidup di air tawar atau air laut. Ciri tubuh udang beruas dengan kepala dan dada yang menyatu, dibagian kepalanya terdapat sepasang mirip antena yang berfungsi sebagai alat peraba, perasa, dan pencium didaerah terdekatnya.

Udang juga memiliki alat pencapit yang lebar untuk melemahkan mangsanya. Ia dapat lincah berenang dengan 5 (lima) pasang kaki renangnya yang terletak dibawah dekat ekor serta bergerak berjalan dengan 4 (empat) pasang disamping kiri kanan tubunya.

Untuk tetap bertahan hidup, udang biasa memangsa hewan kecil atau tumbuhan didalam air. Dengan mulut mungil yang berada di bagian anterior tubuhnya, mangsa yang tertangkap akan dimakannya. Udang memiliki kelenjar pencernaan atau hati yang terletak di kepala – dada di kedua sisi abdomen. Sisa pencernaan selain dibuang melalui anus, juga dibuang melalui alat eksresi disebut kelenjar hijau yang terletak di dalam kepala.

Dalam proses pertumbuhannya, seekor udang mengalami pergantian kulit. Udang dewasa melakukan pergantian kulit (ekdisis) selama dua kali dalam setahun. Udang yang masih muda mengalami ekdisis dua minggu sekali. Udang mampu melakukan pemutusan sebagian anggota tubuhnya (autotomi), seperti memutuskan sebagian pangkal kakinya saat ditangkap, melalui proses regenerasi kemudian kaki tersebut akan tumbuh kembali. Nah, setelah mengetahui lebih singkat tentang udang, sekarang kamu tinggal berkreasi dengan mewarnai kerangka udang yang sudah disediakan. selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment