07 January 2014

Resep Membuat Klepon Isi Gula Merah

Hujan deras turun menjelang malam dan udara dingin terasa menyelimuti permukaan kulit. Dalam situasi seperti ini tak hanya dingin yang dapat dirasakan tetapi juga rasa lapar. Ya, rasa lapar memang selalu datang tak diundang dan selalu menggoda saat menjelang malam, apalagi jika turun hujan seperti malam ini. Dalam pikiran ini akhirnya terbayang aneka makanan yang uenak-uenak. Seandainya saat yang tepat ini dihadapan kita tersedia sepiring kue kering atau kue basah, sudah tentu rasa lapar bisa diantisipasi.

Namun rasa lapar tetap tak bisa diajak berdamai, akhirnya jadi terbayang ke sebuah tempat pejual kue basah yang biasa mangkal dipasar subuh. Aneka jajanan pasar komplit tersedia disana, seperti getuk lindri, kue lapis, cuhcur, jiwel, klepon, tiwul ayu, donat pasar, awung, orog, dan lain sebagainya. Dalam suasana seperti ini, kue jajanan pasar memang cocok menjadi kudapan untuk mengganjal rasa lapar. Namun sayang kue-kue basah tersebut tak bisa disimpan terlalu lama dan mudah basi.

Kue klepon isi gula merah

Ingin sekali bisa membuat kue basah seperti yang dijual dipasar subuh, lumayanlah buat antisipasi darurat menjaga stabilitas perut. Karena malam semakin larut dan hujan pun tak kunjung reda, yang dapat saya lakukan hanyalah menunggu rasa kantuk, sambil membaca buku resep kue jajanan pasar dan mencari tahu resep cara membuat kue klepon kesukaanku. Di halaman 07 akhirnya ditemukan juga resep membuat kue klepon. Saya tuliskan ya resepnya:

Cara Membuat Kue Klepon.

Resep Kue Basah Jajanan Pasar Populer. Kue klepon bentuknya unik dengan warna hijau pandan. Rasa lembut kenyal yang didalamnya berisi gula merah.

Bahan-bahan:
  • 500 gram tepung ketan
  • 150 gram gula merah yang telah diserut
  • 2 sendok makan air daun suji sebagai pewarna
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • Air hangat secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat:
  • Uleni tepung ketan, air kapur, air daun suji, dan air hangat sampai kalis dan bisa dipulung. Ambil adonan sebesar kelereng, kemudian bentuk adonan menjadi bulat pipih dan simpan gula merah di tengahnya. Tutup kembali, kemudian dibentuk bulat sampai gula tertutup didalam adonan tersebut. Pulung dan isi dengan gula merah sampai adonan habis.
  • Siapkan air mendidih dalam kuali, kemudian rebus klepon hingga mengapung pertanda klepon tersebut sudah cukup matang. Angkat dan tiriskan.
  • Siapkan kelapa yang sudah diparut. Sajikan dalam wadah dari daun pisang yang dibikin seperti mangkuk.

Membuat air kapur sirih:
2 sendok makan kapur sirih dicampur air 400 gram, aduk, lalu biarkan mengendap. Ambil bagian yang bening untuk campuran adonan.

0 comments:

Post a Comment