23 January 2014

Masakan Sunda dan Kerinduan Masa Lalu

Masakan Sunda
Masakan Sunda memang memiliki keunikkan tersendiri. Selain rasanya yang khas, menikmati masakan tersebut sepertinya membangkitkan kerinduan pada kampung halaman dan masa lalu. Karedok leunca, lalab, goreng peuteuy, ditambah sambel cikur pedas merupakan menu yang biasa dinikmati  sambil botram di saung balong aki, apalagi jika disodori goreng belut yang masih haneut, deuh pol pisan!

Masakan Sunda tak hanya ada dipedesaan saja namun kini sudah bisa kita nikmati di kota. Saat ini beragam jenis masakan tradisional nusantra bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa harus bersusah payah datang ke tempat asalnya. Bahkan pemilik restoran atau hotel mencantumkan masakan tradisional sebagai menu andalan kedalam daftar menunya.

Meski hampir keseluruhan makanan tradisional tampil sederhana, namun justru disitulah hal yang menarik dan dicari orang-orang. Kesederhanaan kiranya menjadi ciri khas dari keasliannya masakan itu sendiri. Seperti pedasnya sambal cikur yang diulek diatas cowet menjadi khas karena tempat penyajianannya.

0 comments:

Post a Comment