19 November 2013

Asal Mula Foto Berwarna

Foto Kemonceng Warna

Mungkin tidak menyadari bahwa foto berwarna yang selama ini kita ketahui ternyata sejarahnya lumayan panjang lho. Bagaimanakah asal mula foto berwarna tersebut tercipta? Diawali dari jenis foto hitam putih hingga mucul foto berwarna ternyata mengalami perkembangan hingga saat ini. Nah, mari kita simak sejarah munculnya foto berwarna yang selama ini belum kita ketahui.

Menurut beberapa penelitian para ahli, semua warna merupakan efek rangsangan pada penglihatan kita, ini berarti bahwa warna-warna itu hanya akan nampak apabila ada cahaya yang jatuh pada suatu benda dan memantul ke retina mata kita. Cahaya tersebut dapat dihasilkan dari sumber alam seperti matahari, pantulan cahaya bulan atau cahaya buatan seperti lampu listrik dan lain sebagainya. Jadi pada dasarnya antara ilmu alam dengan ilmu fotografi memang ada keterkaitannya.

Sekitar tahun 1855 seorang ilmuwan bernama Clark Maxwell berhasil membuktikan bahwa segala warna dapat ditiru dengan mencampurkan warna Merah – Hijau – Biru (RGB) dalam jumlah dan berbandingan tertentu, walaupun sebelum Maxwell penelitian tentang efek warna telah dilakukan Young dan Helmholtz dalam bidang pengolahan warna tidak dapat diabaikan begitu saja. Pada tahun 1862, Ducos du Hauron dalam bukunya Solution Physique Du Probleme De La Reproduction Des Colours Pour La Photographie, telah menguraikan secara panjang lebar cara yang telah diuraikan oleh Maxwell. Dengan didasari pembuktian tersebut maka Maxwell-lah diperkirakan sebagai pencipta foto berwarna pertama di dunia dengan menyebutkan istilah Additive Colour Process sebagai proses pewarnaan dengan cara penambahan.

Sejarah fotografi warna memang ada keterkaitan dengan ilmu alam. Dilatarbelakangi pencampuran warna MERAH – HIJAU – BIRU hasil penelitian Clark Maxwell tersebut memang menorehkan sejarah hingga saat ini. Tanpa kita sadari penggunaan warna-warna tersebut hingga kini masih saja dipakai selain di bidang fotografi seperti pada layar TV, monitor komputer yang sedang kita pelototin juga menggunakan teori pencampuran warna tersebut.

0 comments:

Post a Comment