14 November 2013

Ekonomi Kreatif dari Sudut Kesenian

Topeng

Waah semakin banyak juga ya jika kita telusuri potensi kesenian lokal yang ada di negeri kita ini. Hmmm, seandainya kita data ternyata sangat banyak lho keanekaragaman budaya peninggalan masa lalu yang seharusnya dilestarikan dengan baik. Yuk, kita telusuri lagi kesenian apa saja sih yang yang belum kita ketahui.

Seni Tanjungan (Tari Topeng dan Ujungan) | Seni Tanjungan kepanjangan dari Tari Topeng dan Ujugan. Tari topeng dari Kota Bekasi ini biasanya dimainkan untuk memeriahkan acara perkawinan, khitanan, dan kaulan. Dalam pagelarannya tari topeng dilengkapi juga dengan drama komedi atau lawak yang menggambarkan tentang kehidupan masyarakat kecil. Sebagai alat pengiring musiknya didukung oleh kendang, rebab, gong, kenong tiga dan kecrek. Namun saat ini alat pengirin musik tajungan ditambah dengan terompet sebagai akibat dari pengaruh budaya betawi dan sunda.

Seni Tari Topeng Tunggal | Tari topeng tunggal merupakan bagian dari pentas topeng cerita atau utuh seperti halnya tarian topeng ajeng atau tarian topeng lipet gandes yang dimainkan secara rampak berjumlah tiga sampai lima orang. Tari topeng tunggal dimainkan oleh satu orang dengan membawakan tiga kedok atau topeng yang satu dan lainnya berbeda bentuk, warna dan karakter terutama dalam membawakannya.

Namun sayangnya potensi seni budaya tersebut hanya sebatas potensi saja dan belum sepenuhnya dimanfaatkan serta digali secara maksimal dalam konteks ekonomi kreatif. Yaah kata lainnya dapat memberikan kontribusi lebih maksimal kepada paguyuban kesenian itu sendiri atau kalangan senimannya.

0 comments:

Post a Comment