15 October 2013

Resep Sate Kambing Bumbu Pedas

Kiriman daging kurban sudah menjadi tradisi di Hari Raya Idul Adha. Aneka masakan berbahan daging menjadi menu kuliner favorit saat Idul Adha. Terkadang kita kebingungan juga untuk mengolah kiriman daging tersebut, apalagi daging kambing. Mau dibikin sate atau gule? Nah, jika Anda penyuka daging kambing tentunya cara paling populer untuk mengolahnya yaitu dibikin sate kambing.

Daging kambing memiliki bau yang khas (Prengus). Mengolah daging kambing ini tidak bisa sembarangan supaya saat disajikan tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap. Sebaiknya daging kambing jangan dicuci karena dengan cara dicuci akan membuat aroma tak sedap pada daging kambing semakin terasa. Lumuri daging kambing tersebut dengan air jeruk nipis dan biarkan sebentar, setelah itu anda bisa mulai untuk mengolahnya. Selanjutnya daging kambing dipotong menyerupai dadu kemudian ditusuk 5 baris tersusun menggunakan tusukan sate yang terbuat dari bambu.

Untuk mengolah sate kambing sebelum proses pembakaran terlebih dahulu kita menyiapkan bahan bumbu sate antara lain 5 lembar daun jeruk kemudian iris halus, 10 butir bawang merah diiris halus, 1 sendok makan merica bubuk, 100 ml kecap manis dan 2 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian campurkan semua bahan tersebut menjadi satu, setelah itu masukan sate yang telah dipersiapkan kedalam bumbu tadi lalu bakar sate diatas bara api sambil diolesi sisa bumbu hingga matang.

Setelah daging kambing matang, sebagai bahan bumbu pelengkap terlebih dahulu kita siapkan 40 gram kol yang telah iris halus, 3 buah tomat iris tipis, 15 buah cabe rawit diiris halus, 10 butir bawang merah yang cincang halus, kecap manis secukupnya, 1 sendok teh merica bubuk, dan 2 sendok makan air jeruk nipis kemudian campurkan bumbu pelengkap tersebut kedalam piring atau mangkuk. Nah sekarang sate kambing yang telah matang siap disajikan dengan bumbu pedasnya. Sebagai pelengkap tambahan, taburi sate kambing yang telah dibumbui tersebut dengan bawang goreng. Sate Kambing siap dinikmati.

Sate Kambing

0 comments:

Post a Comment