14 November 2013

Mengenal Seni Budaya Lokal

Yuk kita mengenal seni budaya lokal yang ada di daerah sekitar kita. Ternyata masih banyak jenis kesenian unik lainnya yang belum kita ketahui. Nah supaya lebih jelasnya mari kita simak apa saja jenis kesenian unik tersebut.

Seni Ngarak Topeng | Merupakan tradisi seni budaya lokal dari Kota Depok Jawa Barat. Seni ngarak topeng ini terinpirasi dari keberadaan seni tradisi ondel-ondel, sehingga lahir sebuah kreatifitas yang menghasilkan garapan seni yang unik, atraktif dan inovatif. Dalam penyajiannya memadukan unsur seni tradisi yang tumbuh dan berkembang di wilayah Kota Depok.

Seni Gambang Kromong | Adalah kesenian khas masyarakat Kota Depok yang merupakan daerah transisi, karena keberadaannya merupakan perbatasaan antara Jawa Barat dengan Ibukota Negara yaitu DKI Jakarta.

Kesenian Gambang Kromong ini lahir di wilayah Jawa Barat namun berkembang di Ibu Kota, hal inilah yang menjadi inspirasi seniman Kota Depok untuk tetap mencintai dan melestarikan kesenian Gambang Kromong ini agar tetap bertahan keberadaannya serta bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Seni Ngarak Panganten | Kesenian asal Kabupaten Bekasi ini merupakan sebuah tradisi masyarakat dalam rangkaian upacara pernikahan. Makna yang terkandung didalamnya mengandung simbol-simbol yang mengungkapkan sebuah pesan tentang sorang laki-laki yang harus bisa menuntun dan membimbing seorang wanita yang diaplikasikan dalam bentuk adu pantun dan adu jawara. Pertunjukan adu pantun dan adu jawara ini dihadirkan dalam bentuk gerak (tanpa dialog).

Seni Topeng Ajeng | Merupakan proses kreatifitas yang menggabungkan dua buah untuk kesenian yang berbeda yaitu kesenian topeng betawi dan kesenian ajeng yang dikemas lebih sederhana dan lebih kompleks sehingga menjadi sebuah kesenian yang berbeda tanpa menghilangkan keaslianya serta esesnsi dan nilai-nilai estetik yang terkandung didalam dua genre kesenian ini sehingga terlahirlah sebuah kesenian yang diberi nama Topeng Ajeng Bekasi.

Seni Parade Garebug (Garapan Rebana Bedug) | Garapan rebana bedug merupakan jenis musik yang biasanya digunakan untuk meramaikan pawai atau arak-arakan. Alunan musik seperti kendang, rebana dan bedug dimainkan secara parade penuh kebersamaan, eksis dan dinamis. Bisa dipakai untuk mengiringi arak-arakan pengantin dan bisa juga dipakai sebagai property tarian.

0 comments:

Post a Comment