16 November 2013

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan karunia yang sangat berharga yang menjadi salah satu hak dasar manusia. Dalam pandandangan secara luas, kesehatan merupakan modal yang sangat berharga untuk menjalankan roda aktivitas kita sehari-hari. Beberapa faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas kesehatan adalah lingkungan, perilaku, perawatan kesehatan, dan faktor genetik. Bahkan perilaku kurang sehat seperti gaya hidup kurang teratur, pola konsumsi makanan yang tidak sehat, serta kurangnya kebiasaan berolahraga, sering menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit.

Hujan Deras

Seperti pada musim hujan dengan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini membuat kondisi lingkungan kurang memungkinkan. Timbulnya wabah flu, pilek, demam akibat cuaca yang kurang bersahabat. Genangan air dari sisa banjir bisa menimbulkan penyakit bagi kita. Dari kotornya air disekitar kita juga dapat menimbulkan diare, disentri, bahkan muntaber. Selain itu sisa genangan air tersebut menjadi tempat bersarangnya telur nyamuk yang bisa menimbulkan demam berdarah. Tentu saja fenomena ini tidak boleh dianggap enteng, karena terkait dengan ancaman terhadap kesehatan kita semua. Oleh karena itu, kita harus waspada dan mengantisipasi serta mencegah datangnya penyakit di musim hujan. Bagaimanapun juga, pencegahan jauh akan lebih murah dibanding pengobatan.

Berkaca fenomena alam saat ini, maka dari itu diperlukan upaya untuk menumbuhkan kesadaran terhadap kesehatan mampu melakukan upaya pencegahan sejak dini. Tentu saja persoalan ini membutuhkan kesadaran kita semua.

0 comments:

Post a Comment