13 February 2019

Ikan Ini Bisa Menghasilkan Listrik Sekitar 600 Volt! Tersentuh Nyetrum!



Siapa sangka ikan mirip belut ini, bisa menghantarkan aliran listrik 600 volt. Hewan mirip belut ini memiliki tubuh panjang seperti ular,  jika mengetahui dirinya sedang dalam bahaya maka tubuhnya yang lentur tersebut siap-siap mengalirkan listrik yang sangat luar biasa.

Jangan tertipu namanya, sebab hewan ini bukan belut, bukan ular, melainkan seekor ikan. Ikan berkepala pipih ini memiliki panjang kurang lebih 2.5 meter, memiliki berat mencapai 20 kilogram, dan bisa mengantarkan aliran listrik sampai dengan 600 volt.

Sidat listrik atau belut listrik adalah sejenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat untuk berburu dan membela diri. Walaupun disebut sidat atau belut, ia termasuk anggota ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.

Bentuk organ listrik seperti piringan kecil yang memproduksi lendir disebut elektrosit, tersusun dan menyatu di bagian atas dari susunan lain yang sejajar. Pada umumnya, semua piringan menghadap arah yang sama yang memuat 150 atau 200 piringan setiap susunannya.

Pada saat itu, voltase semua piringan listrik atau elektrosit menyatu, sehingga mampu menghasilkan daya listrik sampai 220 volt pada ikan torpedo atau sampai 650 volt pada belut listrik.

0 comments:

Post a Comment