27 February 2014

Burung Kapinis Jatuh

Jika kita menemukan seekor burung kapinis tergeletak di tanah, periksalah apakah ia masih hidup dan tidak terluka. Seandainya masih hidup terbangkanlah secara hati-hati. Burung kapinis tidak dapat terbang lagi ketika jatuh ke tanah, sayapnya yang panjang dan sedikit melengkung mirip bulan sabit membuatnya sulit mengudara. Setelah terjatuh, burung ini biasanya mati kelaparan atau bisa jadi dimangsa kucing yang sedang berkeliaran.

Burung kapinis adalah burung angkasa, burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil yang memiliki habitat di daerah terbuka, pesisir, perkotaan, tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Kapinis terbang dengan lincah, sambil bersiul melengking dan menyambar-nyambar di atas atap rumah, burung ini mengumpulkan serangga dan bahan untuk dijadikan sarangnya. Burung kapinis minum, mandi, sambil terbang dan menyambar-nyambar dari udara. Dengan kedua kakinya yang pendek mereka dapat hinggap dengan cakarnya pada dinding, namun burung kapinis ini tidak pernah berjalan.

Beberapa jenis burung kapinis yang diketahui antara lain:

Kapinis Rumah
Kapinis rumah memiliki tubuh berukuran sedang (15 cm). Warna kehitaman, dengan tenggorokan dan tunggir putih. Ekor bertakik, bukan menggarpu. Perbedaan dengan Kapinis laut: warna lebih gelap, kerongkongan dan tunggir lebih putih, ekor terpotong agak lurus. Iris coklat tua, paruh hitam, kaki coklat. Hidup dalam kelompok besar. Berburu dengan cara terbang yang mantap. Sarangnya dibangun dari lumpur dan bulu-bulu, di bawah atap rumah, tebing, atau mulut gua. Telur berwarna putih, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan September. Sering bersarang bersama Walet sapi.

Kapinis Laut
Kapinis laut memiliki tubuh berukuran agak besar (18 cm). Ekor coklat buram, panjang, dan menggarpu dalam. Dagu keputih-putihan. Bercak putih pada tungging. Perbedaan dengan Kapinis-jarum kecil: ukuran lebih besar, warna lebih pucat, tenggorokan lebih gelap, sadel tunggir yang putih lebih sempit, bentuk lebih langsing, ekor menggarpu. Iris coklat gelap, paruh hitam, kaki keunguan. Biasanya bekelompok, kadang berbaur dengan walet atau kapinis lain. Terbang lebih tenang dibandingkan Kapinis-jarum. Terbang dengan geleparan dan putaran yang tidak menentu sewaktu mencari makan.

Kapinis-Jarum Asia
Kapinis-jarum asia memiliki tubuh berukuran besar (20 cm). Tubuh kehitaman. Punggung kecoklatan, 'pelana' keputih-putihan perak. Dagu dan kerongkongan putih berbatas tegas. Penutup ekor bawah putih. Sisi leher berbintik putih. Bercak putih pada bulu tersier. Iris coklat tua, paruh hitam, kaki hitam. Terbang pada punggungan bukit atau puncak gunung. Terbang dengan aliran udara panas.

0 comments:

Post a Comment